Pages

Jumat, 05 Agustus 2011

Webcam bisa memperbaiki postur tubuh


Bagi anda yang sering menghabiskan waktunya di depan komputer, baik untuk kerjaan, bermain game, atau sekedar browsing, perlu diingat kalau postur tubuh ketika duduk juga sangat penting. Ini untuk mencegah adanya masalah dengan punggung anda suatu saat nanti.
Karena banyak yang sering tidak sadar dan lupa akan postur tubuhnya sementara tidak mungkin ada yang bisa mengingatkan anda terus-terusan, seorang peneliti dari Ben-Gurion University di Negev, Israel menjadi terinpirasi.

Peneliti ini membuat sistem yang menggunakan kamera webcam untuk mengetahui apakah posisi duduk anda sudah benar. Pengguna awalnya harus menaruh posisi webcam agar sesuai sehingga bisa memantau posisi duduk anda dan terus-terusan menampilkan posisi anda di layar monitor. Kemudian akan muncul umpan balik berupa gambar mengenai cara duduk yang benar sehingga pengguna bisa ingat untuk memperbaiki posisi duduknya.
Menurut pengujiannya, sistem ini meski simpel namun dapat berjalan cukup baik dan berhasil membuat pengguna duduk dengan posisi yg benar, terutama untuk wanita. jadi pilih yang mana, membeli kursi ergonomic yang sesuai dengan postur tubuh yang tentu harganya cukup mahal atau gunakan metode baru ini?
(via teknoup)

0 komentar: