Pages

Jumat, 27 Februari 2009

Netbook Bisa Dioverclock


Siapa yang bilang netbook tidak bisa dioverclock? MSI Wind U100 adalah satu netbook yang bisa dioverclock. Peningkatan kinerja yang dihasilkan cukup lumayan untuk mendukung kinerja netbook kita. Anda dapat mengaktifkan option overclock ini dari windows. Tetapi sebelum anda mengoverclock netbook anda, anda harus mengupdate bios netbook anda agar mendukung dynamic overclocking.

Update bios ini dapat anda download dari situs resmi MSI. Atau jika anda mengalami kesulitan, bisa juga didownload dari www.ziddu.com/download/3666405/en011ims.105.rar.html. Cara mengupdate dapat anda baca di artikel berikut:
http://www.ziddu.com/download/3666341/How_to_flash_MSI_Notebook_BIOS_under_DOS_mode.pdf.html
Pastikan saat melakukan flashing BIOS netbook anda tidak mengalami masalah power, karena jika saat flashing netbook anda mati, netbook anda tidak bisa digunakan lagi.
Setelah update bios selesai, cabut kabel power dan batere netbook anda. setelah itu pasang lagi, masuk ke BIOS lalu anda akan melihat bahwa ada pilihan baru yaitu intel speedstep. Enable pilihan ini, lalu pilihlah seberapa besar dynamic overclocking yang ingin anda lakukan pada netbook ini. Restart komputer anda.
Selain mengupdate bios, anda juga perlu mengupdate System Control Manager. Update ini juga bisa anda download dari situs MSI. Untuk mengoverclock netbook anda, anda tinggal menekan kombinasi tombol Fn + F10. Jika update bios anda berhasil dan anda sudah mengaktifkan option overclock di bios, maka tombol power netbook anda akan berubah dari biru ke merah.
Perlu diingat bahwa mode overclock ini hanya bisa digunakan saat netbook terhubung dengan power listrik. Saat menggunakan batere, option ini tidak aktif.
Awalnya saya tidak mengetahui kemampuan overclock ini. Saya mengupdate Bios karena Netbook MSI U100 saya merupakan netbook keluaran pertama. Saat itu ada beberapa Bug yang muncul seperti layar mati setiap mendengarkan lagu dari Windows Media Player. Atas saran teknisi dari MSI Indonesia, maka saya disarankan untuk update BIOS. Dan akhirnya masalah tersebut teratasi. Saya mengetahui option overclock ini setelah membaca majalah CHIP edisi bulan lalu, saat itu langsung saya praktekkan, dan hasilnya sangat memuaskan. Kinerja netbook ini meningkat cukup lumayan jika dibandingkan dengan kinerja netbook merk lain

0 komentar: