Pages

Selasa, 12 Juli 2011

Mengapa Demam?

Pernahkah anda sakit?
Saat kita sakit seperti flu, atau mengalami infeksi maka kita akan mengalami demam. Saat kita demam, maka suhu tubuh kita cenderung naik. Mengapa suhu badan kita naik?


Kita sakit karena ada zat-zat berbahaya yang memasuki tubuh kita, misalnya bakteri berbahaya. Sel darah putih mengenali bakteri berbahaya ini dan memulai usaha untuk melumpuhkan bakteri itu, dengan melepas berbagai jenis protein bernama cytokine. Beberapa macam cytokine mengakibatkan terbentuknya senyawa-senyawa prostaglandin. Hypothalamus di otak sangat peka akan prostaglandin ini, sehingga mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk menaikkan suhu. Ini dilakukan atara lain dengan mempercepat proses metabolilsme, atau menggetarkan otot-otot (menggigil) untuk menimbulkan panas yang berlebih.

Naiknya suhu badan akan memperlambat laju bakteri penyerang untuk berkembang biak, dan juga mempercepat reaksi pelumpuhan bakteri.

Cytokine juga mengakibatkan efek-efek sakit lain, seperti kelelahan, mengantuk, dan rasa nyeri di sendi. Efek-efek ini memaksa kita untuk beristirahat, sehingga badan lebih cepat disembuhkan.
Seperti yang dikatakan sebelumya bahwa demam kadang bukan sesuatu yang buruk, karena demam adalah proses respon tubuh terhadap infeksi itu sendiri . Tetapi ada beberapa keadaan dimana anda sebaiknya mencari pertolongan medis atau konsultasi ke dokter anda, yaitu:

*Untuk bayi dibawah 3 bulan dengan suhu tubuh diatas 38C.

*Untuk anak yang lebih tua dan orang dewasa , sebaiknya konsultasikan ke dokter anda bila :

- Terdapat panas yang naik turun dalam 3 hari ;
- Suhu meningkat diatas 39 C ;
- Adanya panas yang disertai menjadi tidak mau makan dan minum sertai gelisah; mual muntah; sakit kepala hebat; sakit perut; timbul rash pada kulit; kesulitan pernafasan; atau gejala lainnya yang tidak dapat dijelaskan.

0 komentar: