Pages

Rabu, 28 September 2011

Anatomi Otot Lengan


Otot lengan terdiri dari biceps, triceps dan forearm. Otot lengan, dada, bahu, dan punggung merupakan otot utama bagi binaraga dalam membangun tubuh bagian atas yang kuat dan memberikan bentuk yang aestetik. Satu keuntungan dari melatih lengan di bandingkan dada dan punggung adalah bahwa otot tangan adalah satu bagian otot yang menarik perhatian. Sehingga muncul anggapan otot lengan yang besar sudah merupakan indikasi bahwa orang yang memilikinya juga memiliki badan yang besar. Jadi biasanya mudah bagi seseorang untuk memacu dirinya untuk melatih otot lengan dengan maksimum.

Akibat populernya pandangan ini, banyak fitnesmania pemula melatih otot lengannya lebih rajin sehingga dengan mudah sudah mendapatkan perkembangan otot lengan yang baik, sementara seluruh bagian tubuhnya masih belum terbentuk. Hal ini terjadi karena secara tidak sadar dirinya memberikan prioritas utama pada perkembangan lengan. Dalam kehidupan sehari-hari lengan secara kebetulan menjadi bagian tubuh yang paling sering dipertontonkan dan paling banyak menarik perhatian. Jadi secara tidak sadar fitnesmania pemula melatih otot lengan dengan konsentrasi dan tenaga penuh.

Namun untuk mendapatkan lengan yang berkualitas untuk seorang atlit binaraga maupun fitnesmania, tidaklah semudah yang dikira. Otot lengan tidak saja harus besar tetapi juga harus bagus bentuknya. Artinya proporsi antara biceps dan triceps yang proporsional yaitu biasanya 2/3 triceps dan 1/3 biceps. Selain itu latihan forearms juga harus disesuaikan dengan lengan bagian atas. Juga yang tidak kalah pentingnya adalah ukuran dan bentuk otot lengan yang proporsional dan seimbang dengan ukuran otot-otot lain di sekujur  tubuh. Untuk mendapatkannya, diperlukan eksekusi jenis-jenis latihan bagi masing-masing bagian otot dan pengaturan agar masing-masing otot mendapatkan porsi latihan sesuai dengan yang dibutuhkan.
Lengan bagian atas atau upper arms merupakan “show muscle” yang paling sering dipamerkan guna menarik perhatian. Dalam dunia fitnes dan binaraga, otot ini memberikan kesan tersendiri baik dalam pertandingan ataupun dalam aktivitas sehari-hari. Merupakan seni tersendiri untuk melatih otot lengan agar terbentuk dengan sempurna. Berikut adalah manfaat melatih masing-masing bagian lengan baik dalam binaraga atau dalam olahraga lain.
•    Triceps
Dalam fitnes dan binaraga, otot triceps sangat berperan untuk membantu latihan lain yan berupa gerakan “pushing” atau mendorong seperti dalam latihan otot dada dan otot bahu. Otot triceps juga merupakan salah satu elemen yang membuat penampilan seorang fitnesmania maupun atlet binaraga menjadi lebih indah dan kuat, karena 2/3 dari volume lengan atas terdiri dari otot triceps ini. Gerakan mendorong ini pun penting bagi olahraga lain yang melakukan gerakan pressing seperti senam (gymnastics) dengan berbagai alat, renang, tinju, beladiri, dan memukul dalam baseball. Gerakan meluruskan tangan secara eksplosif yang memerlukan bantuan kekuatan triceps terlihat dalam olahraga tennis saat melakukan servis, pukulan karate, melontarkan pukulan “punch” dalam tinju, mengoper bola dalam olahraga bola basket dan yang lainnya.
•    Biceps
Dalam fitnes dan binaraga merupakan otot yang paling sering ditonjolkan, dan melambangkan kekuatan. Biceps perlu dilatih dengan sedemikian rupa agar dapat seimbang dengan triceps. Latihan otot ini membantu menguatkan gerakan menarik “pulling” yang dibutuhkan saat mengangkat tubuh dalam senam high bar, rings dan parallel bar. Pegulat, pejudo, pemanah, atlit panco, atlit dayung juga memerlukan gerakan mencengkeram dan menarik juga memperoleh keuntungan dengan melatih otot ini.
    Forearms (Lengan Bawah)
Dalam fitnes dan binaraga otot ini biasanya sudah terlatih secara otomatis karena banyak digunakan saat melakukan latihan otot punggung yang berat seperti pull up, deadlift, barbell row, dan deadlift. Tapi untuk orang tertentu yang merasa pembentukan ototnya kurang optimal, maka otot ini pun perlu dilatih secara khusus. Dalam olahraga lain seperti bola voli, baseball, dan golf, bulutangkis, panahan, tennis, bilyar, squash, golf, baseball dan senam, perkembangan otot ini sangat membantu meningkatkan kualitas permainan dan performa.
(written by Ade Rai)

0 komentar: