Pages

Kamis, 28 Juni 2012

Perhatikan Hal Ini Saat di Gym!

Saat kita berlatih di tempat kebugaran (Gym) tanpa kita sadari kita sering mengabaikan hal-hal yang sebenarnya penting bagi kita maupun bagi lingkungan sosial kita, misalnya duduk terlalu lama pada suatu alat padahal orang lain juga memerlukan alat itu untuk berlatih.
Berikut ini saya akan membahas beberapa hal yang harus kita perhatikan saat berlatih di gym, terutama hal yang menunjang keberhasilan kita dalam berlatih:
1. Telat meminum protein setelah latihan
Setelah berlatih tubuh dalam keadaan "breakdown", dimana tubuh berada dalam fase katabolik, atau perusakan otot. Untuk itu tubuh memerlukan asupan whey protein dan karbohidrat sesegera mungkin untuk mengurangi efek katabolik pada otot. Semakin telat kita mengkonsumsi protein, semakin sedikit manfaat yang kita peroleh dari latihan yang kita lakukan.

2. Tidak melatih otot kaki
Banyak orang yang berlatih di gym mengabaikan otot kaki mereka. Padahal otot kaki (quads dan hamstring) adalah kelompok otot yang paling besar dari badan kita. Melatih kaki dengan squat secara otomatis ikut melatih otot perut. Selain itu, latihan otot kaki akan meningkatkan aktivasi dari hormon pertumbuhan manusia. Akibatnya perkembangan otot akan lebih optimum. Melatih otot kaki juga akan memberi kesimbangan pada tubuh (otot kaki adalah penopang bagian tubuh yang lain)

3. Hanya menggunakan mesin untuk berlatih
Penggunaan mesin, seperti smith machine pada latihan beban tidak akan memberi hasil yang sebaik latihan dengan free weight, karena latihan dengan mesin tidak akan melatih badan kita untuk menjaga kestabilan dan  mendukung sendi yang bekerja. Akibatnya hanya beberapa otot yang terlibat dalam latihan. Menggunakan free weight juga akan membangun koordinasi antar bagian tubuh serta mencegah perkembangan yang tidak seimbang antar bagian tubuh

4. Tidak berlatih sampai mencapai failure
Failure adalah kondisi dimana otot sudah tidak mampu lagi mengangkat beban pada set yang bersangkutan. Untuk bisa menambah massa otot, maka otot perlu diberi tantangan, sehingga otot akan menyesuaikan diri dengan membesar dan menambah kekuatannya.

5. Berlatih kardio dengan lambat dan kecepatan yang konstan
Berlatih kardio haruslah memberi tantangan bagi tubuh untuk berubah. Latihan kardio dengan metode high intensity interval training akan sangat efektif untuk menngkatkan kapasitas aerobik tubuh dalam membakar lemak.

6. Berlatih yang itu-itu saja
Banyak orang sangat senang melatih otot favoritnya saja. Ini yang menyebabkan alat untuk benchpress biasanya selalu ramai digunakan, karena otot dada adalah salah satu otot favorit pada penggiat fitness. Harus diingat bahwa tubuh kita memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri. Jika kita berlatih itu-itu saja atau dengan metode yang sama setiap saat maka tubuh kita akan menyesuaikan diri. Akibatnya perkembangan otot kita tidak akan maksimal.

7. Beristirahat terlalu lama
Efek negatif dari bersosialisasi di gym adalah ngobrol di sela-sela latihan. Jika ngobrol ini dilakukan terlalu lama maka otot kita akan menjadi "dingin". Untuk itu jeda waktu istirahat untuk masing-masing set adalah maksimum 3 menit. Untuk mendapatkan hasil optimum istirahatlah 30 detik saja


0 komentar: