Pages

Sabtu, 31 Desember 2011

Latihan Untuk Pemula


Hai semuanya....
Ini adalah postingan pertama di tahun 2012. Posting ini didasari  atas hasil pengamatan saya, bahwa para pemula dalam fitness sering kali mengalami kebingungan dalam memilih latihan yang akan diambil. Hal ini berakibat pada pola latihan yang tidak jelas. Tentunya hal ini tidak akan memberi hasil yang optimal. Kali ini saya akan membahas dan merekomendasikan latihan-latihan apa saja yang sebaiknya diambil oleh para pemula saat memasuki gym.

1. Smith Machine Squat
Latihan ini merupakan latihan basic untuk memperkuat dan memperbesar otot paha. Latihan ini adalah latihan compound yang melibatkan banyak otot lain. Dengan terlibatnya banyak otot, maka tingkat "kerusakan sel" yang terjadi akan lebih optimal. Ini akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel yang lebih besar dan lebih kuat. Latihan ini saya rekomendasikan bagi para pemula yang ingin menaikkan berat badan dengan cepat.

2. Crunch
Latihan ini adalah latihan basic untuk memperoleh perut six pack. Perlu diingat bahwa latihan ini akan memberikan hasil yang baik jika dilakukan bersama diet yang tepat.
3. Lat Pulldown
Latihan ini bertujuan untuk membentuk definisi otot punggung. Latihan ini membentuk otot punggung anda secara lengkap. Ingatlah untuk menurunkan setang pegangan sampai di tulang selangka anda. Jika tidak, kontraksi otot punggung tidak akan maksimal.
4. Smith Machine Benchpress
Latihan ini adalah latihan terbaik untuk membentuk otot dada bagi pemula. Latihan ini dapat dikombinasikan dengan mengubah kemiringan dari bench. Anda bisa melakukan incline benchpress, flat benchpress, dan decline benchpress. Lakukan latihan ini dengan perlahan untuk memaksimalkan kontraksi otot pectoral. Latihan ini juga secara tidak langsung akan membentuk otot bahu dan tricep anda

5. Bench Dips
Latihan ini bertujuan untuk membentuk otot tricep anda. Walaupun ada latihan lain, tapi latihan inilah yang bisa membentuk dengan cepat dan juga termudah dilaksanakan oleh para pemula.
6. Concentration Curl
Nah, kalau latihan ini adalah latihan untuk membentuk otot biceps anda. Letakkan siku sedikit di bawah paha anda. Jangan tepat pada paha. Latihan ini merupakan latihan isolasi, yang hanya melibatkan otot biceps. Tambahlah beban secara bertahap untuk setiap set.

Ingatlah, bahwa semua latihan di atas akan memberikan hasil yang optimal jika latihan dilaksanakan secara teratur, pola diet yang tepat dan juga istirahat yang cukup.




2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ok, ntar sy coba

Anonim mengatakan...

Wah harus ubah cara latihan nih