Pages

Jumat, 23 Desember 2011

Mitos tentang Angkat Beban Pada Wanita


Mitos tentang efek latihan beban pada kaum perempuan sepertinya tidak pernah berubah dari jaman ke jaman. Berikut ini saya sajikan beberapa mitos tentang efek latihan beban pada wanita.
1.  Dengan berlatih beban, anda akan menjadi kekar dan berotot

Fakta ilmiah menunjukkan bahwa hormon yang bertanggung jawab terhadap perubahan ukuran otot adalah hormon testosteron. Kaum perempuan, tidak memiliki hormon testosteron dalam jumlah yang cukup untuk menghasilkan otot dalam ukuran yang besar. Jadi, secara natural perempuan tidak mungkin menjadi kekar dan berotot karena latihan beban. Mungkin sebagian besar dari kita berpandangan bahwa kalau berlatih beban, maka badan seorang wanita akan menjadi seperti pada gambar di atas. Hal ini salah, badan perempuan yang seperti di atas akan dapat diperoleh jika ia menggunakan anabolik steroid bersama obat-obatan lainnya.
2. Latihan beban akan membuat ukuran payudara anda membesar
Harus kita garis bawahi bahwa payudara perempuan adalah jaringan yang terbentuk dari lemak, sehingga tidak mungkin kita bisa memperbesar ukuran payudara dengan berlatih beban.
3. Latihan beban akan membuat anda kaku
Jika kita melakukan latihan beban dengan benar, maka hal sebaliknya akan terjadi. Fleksibilitas otot akan semakin baik, karena kemampuan otot untuk meregang akan semakin baik jika kita berlatih beban.
4. Jika kita berhenti latihan beban, maka otot kita akan menjadi lemak dan badan kita menjadi gemuk
Ini adalah pandangan yang sering saya dengar di kalangan kaum perempuan. Faktanya jika orang berhenti latihan beban, akan diikuti oleh berkurangnya disiplin dalam diet. Akibatnya metabolisme tubuh akan melambat dan akan diikuti dengan meningkatnya timbunan lemak dalam tubuh. Bukan ototnya yang berubah menjadi lemak, tetapi timbunan lemak yang bertambah akibat metabolisme yang melambat.
5. Latihan beban mengubah lemak menjadi otot
Jika anda pernah belajar kimia dan mempercayai hal ini, maka anda tidak belajar kimia dengan baik. Otot dan lemak adalah jaringan yang sangat berbeda. Otot berkembang jika kita melakukan latihan beban, diet dan istirahat dengan baik
6. Wanita hanya perlu berlatih kardio dan sit up untuk bisa mendapatkan bentuk badan yang ideal
Faktanya, kita tidak bisa memilih lemak di bagian tubuh mana yang akan kita bakar, karena itu kita tidak dapat memfokuskan diri hanya dengan melatih bagian tertentu dari tubuh. Untuk mengoptimalkan pembakaran lemak, kita harus melakukan latihan beban. Lemak akan dibakar jika kadar glikogen sudah rendah. Untuk bisa membakar glikogen, latihan yang paling efektif adalah latihan beban.
7. Perempuan cukup mengkonsumsi fatburner, maka lemak dalam tubuh akan terkikis
Ini pendapat yang salah, fatburner hanya berfungsi mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Jika anda tidak melakukan aktivitas berolahraga, maka fatburner tidak akan melakukan apapun. Fatburner hanya kompor, yang membakar sesuatu jika diletakkan di atasnya

0 komentar: